Street 238,52 tempor
Donec ultricies mattis nulla

Tempat Pembuatan Gazebo Bambu Terbaik

Pada masa sekarang, gazebo adalah bagian yang umum yang dapat dijumpai baik di rumah tinggal, restoran atau tempat makan, maupun lokasi wisata. Berada terpisah dari bangunan utama, gazebo biasanya berada di halaman berupa bangunan beratap tanpa dinding.

Berfungsi sebagai tempat berkumpul dan bercengkrama dan dapat terbuat dari berbagai jenis bahan bangunan. Salah satu yang paling banyak ditemui di Indonesia adalah gazebo bambu.

Bagi anda yang ingin memiliki gazebo terutama dari bambu anda bisa segera hubungi kami. Kami sudah berpengalaman dan sanggup mengerjakan bermacam-macam gazebo dari bahan bambu ini. Sebelum melakukan pemesanan tidak ada salahnya anda bisa ketahui informasi lebih dalam tentang apa itu gazebo. Baca artikel ini sampai habis.

Pengertian Gazebo

Secara harfiah, gazebo berasal dari perpaduan antara Gahasa Inggris gaze yang berarti memandang dan Bahasa Latin ebo yang memiliki arti ke luar, sehingga gazebo dapat diartikan sebagai tempat untuk memandang ke luar.

Dalam dunia arsitektur dan desain interior, gazebo adalah tempat alternatif yang digunakan untuk bercengkrama dan berkumpul bersama keluarga di ruangan terbuka. Dalam adat masyarakat kita, bangunan yang paling mendekati dengan struktur gazebo mungkin adalah saung.

Sejarah Gazebo Dalam Arsitektur

Dalam dunia arsitektur, gazebo dikenal sebagai bagian dari bangunan yang berada terpisah dari bangunan utama dan biasa terdapat pada bangunan-bangunan rumah besar atau mansion. Menurut adat pergaulan di masa itu, gazebo difungsikan sebagai tempat untuk bersantai dan minum-minum para bangsawan.

Gazebo dibangun tak berdinding, berbentuk bulat atau segi enam atau segi delapan, lantai dibuat sedikit naik, dengan detail ornamen cantik sebagai hiasan, serta beratap semi kubah.

Sejarah arsitektur lansekap juga mencatat terdapat bangunan yang memiliki fungsi serupa pada arsitektur taman Jepang, taman Tiongkok, taman Jawa, taman Jepara, serta taman Bali. Biasanya dibangun di atas air dan berfungsi sebagai tempat untuk merenung, mencari inspirasi, maupun bersantai.

Seiring dengan perkembangan ilmu arsitektur dan lansekap di Indonesia, keberadaan gazebo kini semakin mudah ditemui.

Sudah banyak rumah tinggal, restoran dan tempat makan, serta tempat wisata yang didesain dengan menambahkan gazebo sebagai bagian penting dari desain yang dirancang.

Nama resmi yang diberikan adalah Bale Bengong, yang mengadopsi dari fungsi gazebo. Bale berarti tempat, sehingga bale bengong artinya adalah tempat untuk bengong atau melamum atau mencari inspirasi.

Gazebo Bambu adalah Hasil Akulturasi Arsitektur Dunia dan Lokal

Di Indonesia, bangunan yang strukturnya menyerupai dengan gazebo adalah saung. Meskipun memiliki fungsi yang berbeda, karena alih-alih digunakan untuk bercengkrama, saung pada masyarakat kita pada mulanya berfungsi sebagai tempat istirahat dan berada di tengah sawah.

Menurut perkembangannya, gazebo yang ada di Indonesia sekarang menggabungkan struktur dan desain dari gazebo yang berasal dari luar negeri dengan saung. Dengan fungsi sebagai tempat untuk bercengkrama dan bersantai di ruangan yang terbuka dan diletakkan di taman-taman dengan menggunakan bahan dasar dalam pembuatan saung, yaitu bambu.

Kepopuleran Gazebo Bambu

Kini, gazebo banyak diminati oleh masyarakat Indonesia untuk diletakkan di halaman rumah maupun dimanfaatkan sebagai properti usaha.

Banyak restoran dan rumah makan serta pondok penginapan yang meletakkan pondok-pondok gazebo di lokasi usaha mereka, sehingga menciptakan kesan privat dan memberikan privasi bagi pelanggan. Biasanya yang menyediakan gazebo adalah resto dan dan/atau rumah makan yang mengusung tema alam.

Tempat penginapan yang ada di lokasi tujuan destinasi wisata pun juga satu per satu meletakkan gazebo di penginapan mereka dengan tujuan untuk menambah daya tarik bagi wisatawan. Biasanya gazebo dapat digunakan untuk tempat makan atau pun untuk sekedar duduk-duduk bercengkrama dan bersantai.

Di Indonesia, model gazebo yang paling populer digunakan adalah yang terbuat dari bambu. Hal ini dilandasi akan kekayaan alam Indonesia terhadap jenis pohon bambu.

Gazebo bambu banyak dipilih karena memberikan kesan yang alami dan akrab. Selain itu, kemudahan dalam mendapatkan bahan baku juga menjadikan gazebo jenis ini lebih murah jika dibandingkan dengan menggunakan bahan yang lain.

Macam Bambu Yang Digunakan Untuk Bangunan Gazebo

Terdapat lebih kurang terdapat 1000 jenis tanaman bambu yang tersebar di seluruh penjuru dunia dan sekitar sepuluh persennya tumbuh di negara kita. Sejak dulu hingga sekarang, kekayaan alam ini banyak dimanfaatkan untuk bahan bangunan.

Karena sudah terbukti akan ketahanannya, kini bambu banyak dimanfaatkan pula sebagai bahan baku dalam pembuatan gazebo. Berikut adalah beberapa jenis bambu yang sering digunakan untuk pembuatan gazebo:

  1. Bambu Petung

Bambu petung adalah jenis bambu yang memiliki diameter hingga mencapai 16 sentimeter dan pohonnya dapat tumbuh sampai setinggi 25 meter. Memiliki karakteristik berwarna kehitaman.

Bambu ini terkenal karena kekuatannya dan sering digunakan sebagai bahan bangunan. Bahkan sudah ada yang memanfaatkannya sebagai kerangka pondasi bangunan. Bambu ini biasanya tumbuh di daerah pegunungan yang memiliki kandungan air tinggi dan kesuburan tanah yang tinggi.

  1. Bambu Apus

Bambu apus dapat berdiameter antara 4 sampai 10 sentimeter dan tinggi pohon dapat mencapai 20 meter. Karakteristik warna yang dimiliki adalah putih gading serta batang bambu lurus.

Sejak zaman dulu, bambu jenis ini sudah dimanfaatkan sebagai bahan material bangunan seperti atap dan dinding bangunan. Sering dimanfaatkan pula sebagai bahan baku untuk pembuatan perabotan rumah tangga seperti untuk pembuatan meja dan kursi.

  1. Bambu Wulung

Selanjutnya adalah bambu wulung yang memiliki warna alami hitam. Bambu ini dapat berdiameter hingga 14 sentimeter dan tinggi pohonnya bisa sampai 20 meter.

Pada rumah-rumah zaman dulu, bambu wulung digunakan sebagai tiang penyangga bangunan karena ukurannya. Selain itu, juga dimanfaatkan untuk bahan baku pembuatan furnitur rumah tangga. Jenis bambu ini banyak tumbuh dan tersebar di Pulau Jawa dan Pulau Sumatera.

  1. Bambu Gombong

Bambu gombong memiliki warna hijau, termasuk jenis bambu yang paling banyak kita jumpai. Dengan pohon yang tingginya bisa mencapai 20 meter dan diameter lingkar batang mencapai 10 sentimeter, bambu ini banyak dimanfaatkan sebagai tiang bangunan.

Kerajinan anyaman bambu serta model kuda-kudaan yang sering Anda temui di luaran sana pun kemungkinan terbuat dari jenis bambu ini.

  1. Bambu Ori

Jenis bambu yang satu ini adalah yang paling unik karena memiliki bentuk asli bengkok-bengkok dan berduri pada beberapa bagian. Banyak digunakan sebagai bahan baku pembuatan perabotan yang memiliki nilai tambah artistik.

Jika Anda berencana untuk menambahkan gazebo bambu pada halaman rumah Anda atau mungkin memiliki keinginan untuk membuka usaha tempat makan dengan konsep alami, maka serahkan pembuatan gazebo idaman Anda kepada Gazebo Jogja.

Gazebo Jogja menerima jasa pembuatan gazebo bambu yang menyesuaikan dengan keinginan Anda. Menggunakan bahan-bahan bambu pilihan dan berkualitas, Gazebo Jogja akan memastikan bahwa gazebo bambu Anda memiliki ketahanan terhadap cuaca di Indonesia, namun tetap memiliki desain yang artistik dan menarik.

Dengan sentuhan tangan-tangan seniman Jogja yang penuh kreativitas, Gazebo Jogja selalu terbuka pada improvisasi dan perubahan ke arah yang lebih baik.

Pemesanan dapat dilakukan langsung di workshop yang berlokasi di Kragilan No. 8 Sinduadi, Sleman, Yogyakarta. Dapat juga melakukan konsultasi via telepon dan fax dengan nomor +62 274 624123 atau melalui email di jogjagazebo@yahoo.id.