Street 238,52 tempor
Donec ultricies mattis nulla

Tempat Pembuatan Gazebo Kayu Terpercaya

Bagi Anda yang mencari tempat pembuatan gazebo kayu di Yogyakarta yang terpercaya, Anda bisa menghubungi kami. Karena kami mengerjakan gazebo kayu secara profesional dan tentunya mengedepankan kepuasan pelanggan.

Selain itu, para pengrajin di tempat kami menggunakan bahan-bahan yang terbaik sehingga gazebo tersebut bisa Anda gunakan dengan aman dan nyaman.

Hal Yang Harus Anda Ketahui Seputar Gazebo

Sebelum Anda membeli gazebo di tempat kami, Anda tentunya harus mengetahui terlebih dahulu beberapa hal yang harus Anda ketahui mengenai gazebo. Yang mana tentunya hal ini dapat menambah pengetahuan Anda seputar gazebo. Berikut adalah beberapa hal yang harus Anda ketahui lebih lanjut mengenai gazebo.

  1. Penyebutan Gazebo Di Indonesia

Gazebo diperkenalkan di Indonesia oleh bangsa Eropa dan disebut gazebo agar namanya terdengar keren. Akan tetapi, bangunan sejenis gazebo ini sudah ada di Indonesia.

Misalnya di Sunda, gazebo ini juga bisa disebut dengan Saung. Sedangkan di Jawa, tempat seperti gazebo ini disebut gubug yang mana digunakan orang-orang untuk beristirahat setelah bekerja di sawah.

Letak gazebo ini berada di tengah sawah dan bisa digunakan sebagai tempat untuk mengawasi sawah. Sebenarnya, saung dengan gubug sama saja fungsinya.

Sedangkan untuk gazebo yang berada di depan rumah yang digunakan untuk menerima tamu biasa disebut dengan pendopo. Pada zaman dahulu sebelum bangsa Eropa datang, ternyata bangsa Indonesia telah memiliki gazebo.

  1. Sejarah Gazebo

Sebagai sebuah benda penting, tentunya gazebo memiliki sejarah panjang yang tentunya membuat gazebo dapat diterima masyarakat di seluruh Indonesia. Pada masa penjajahan amerika, gazebo hanya bisa Anda temui di rumah orang kaya dan bangsawan saja.

Sedangkan di masa colonial, gazebo kerap dimanfaatkan untuk kegiatan menikmati musim panas. Karena pada masa tersebut tidak ada AC, sehingga mereka menghabiskan waktu di gazebo.

Tidak hanya itu, bangsa Jepang dan bangsa China juga memiliki tempat yang kurang lebih sama dengan gazebo. Bangunan ini biasanya dibangun di atas kolam ikan maupun kolam hias. Sehingga bangunan ini menjadi iconic sesuai dengan daerah masing-masing.

  1. Perbedaan Desain Gazebo Di Indonesia

Gazebo ternyata juga memiliki perbedaan tiap daerah di Indonesia. Seperti misalnya di Jepara, desain atap gazebo di Jepara terlihat mewah dengan atap yang berbentuk seperti atap pada Joglo.

Untuk bahan yang digunakan, tentunya menggunakan bahan berkualitas baik seperti kayu jati, kayu bengkirai, dan lain-lain. Sehingga untuk desain gazebo khas Jepara terlihat mewah.

Berbeda lagi dengan gazebo khas Sunda yang dari desainnya memperlihatkan kesederhanaan warga Sunda. Bahan baku untuk membuat gazebo khas Sunda ini biasanya terbuat dari bamboo dengan atap yang menggunakan daun kelapa kering. Sehingga dari tampilannya sudah menunjukkan kesederhanaan dari pemilik gazebo.

  1. Istilah Gazebo

Secara bahasa, gazebo berasal dari dua kata, gaze dan ebo. Gaze dalam bahasa Inggris memiliki artian memandang, sedangkan untuk ebo dalam bahasa latin artinya keluar. Sehingga, gazebo memiliki arti sebagai sarana untuk memandang keluar.

William dan John Halfpenny merupakan dua arsitektur dari Inggris yang menulis tentang istilah gazebo di masa modern. Saat itu, mereka menuliskan tentang arsitekstur China, yaitu pagoda. Bentuk dari pagoda dan gazebo hampir sama akan tetapi memiliki perbedaan.

Perbedaan tersebut ada pada penggunaannya, karena pagoda digunakan sebagai tempat untuk sembahyang. Sedangkan untuk bangunannya, pagoda memiliki sturktur bangunan bertingkat serta memiliki dekorasi yang kental dengan budaya ketimuran.

  1. Kegunaan Gazebo

Gazebo merupakan ruang terbuka yang bisa menjadi alternative untuk tempat berkumpul atau tempat bersantai. Biasanya gazebo ditempatkan diletakkan di halaman rumah, teras, taman, maupun di pinggir kolam renang. Setiap sisi dari gazebo terbuka karena sesuai dengan tujuannya sebagai tempat untuk bersantai.

Saat ini, gazebo memiliki bentuk yang unik. Gazebo dalam pesta pernikahan biasanya memiliki ukuran luas, berbentuk segi enam, serta ditambah dengan bukaan yang lebar. Biasanya gazebo tersebut berada di Amerika selatan dan dibuat berdasarkan kepentingan personal maupun publik.

Jenis Kayu Yang Digunakan

Dalam pembuatannya, gazebo menggunakan bahan-bahan yang beragam, salah satunya menggunakan kayu. Gazebo kayu banyak digunakan di masyarakat, termasuk juga gazebo yang ada di tempat kami.

Jadi bagi Anda yang ingin memesan gazebo kayu, Anda bisa memesan di tempat kami. Kami menggunakan jenis kayu yang ada di bawah ini dalam pembuatan gazebo. Berikut adalah jenis kayu yang kami gunakan.

  1. Kayu Bengkirai

Kayu bengkirai merupakan kayu yang memiliki kualitas baik dan dapat diproses dengan mudah. Sehingga pada pembuatan gazebo, kami menggunakan kayu ini. Kayu ini merupakan kayu yang berasal dari Kalimantan dan juga sering disebut dengan kayu Kalimantan. Tidak hanya di Kalimantan saja, di Jawa juga banyak ditemukan kayu dengan jenis ini.

Kayu ini bertekstur halus dengan tingkat kekerasan yang sangat tinggi, meskipun juga terdapat kayu bengkirai bertekstur kasar. Daya retak dari kayu ini memiliki daya retak tinggi hingga sedang tergantung dari ketuaan kayunya. Bisa dibilang, kayu bengkirai masuk kedalam kategori kayu berat, bahkan lebih berat dari kayu jati.

  1. Kayu Jati

Kami juga menggunakan gazebo kayu dengan bahan yang terbuat dari kayu jati. Kayu jati dinilai sangat kuat sehingga sering digunakan sebagai bahan baku furniture, kapal, hingga bantalan rel.

Keindahan kayu jati yang terlihat indah meskipun tanpa di pernis juga menjadi poin penting mengapa kami menggunakan kayu jati. Hal ini dikarenakan kayu jati memiliki kandungan minyak alami

Sekedar informasi, kayu jati dahulunya hanya berada di 4 negara, yaitu Myanmar, India, Thailand, dan Laos. Bahkan kayu Jati yang ada di Indonesia konon katanya berasal dari India.

Untuk furniture, kayu jati yang digunakan biasanya kayu jati yang tua karena memiliki kekuatan serta kelenturan yang baik. Pada umumnya, kayu jati memiliki warna yang cokelat. Tetapi, kayu jati memiliki warna keabu-abuan dari kulitnya.

  1. Kayu Kelapa

Kayu kelapa atau yang dalam bahasa Jawa disebut glugu juga kami gunakan untuk pembuatan gazebo kayu. Tentunya hal ini merupakan rahasia umum jika kayu kelapa digunakan sebagai bahan baku furniture.

Umumnya kayu kelapa ini lazim digunakan untuk membuat rangka serta tiang pada sebuah bangunan. Kayu kelapa memiliki fisik yang panjang dan lurus sehingga sangat cocok untuk dijadikan tiang dan rangka bangunan.

Tidak hanya dalam pembuatan rangka, kayu kelapa saat ini juga dapat digunakan sebagai bahan baku mebel serta digunakan untuk membuat berbagai jenis kerajinan tangan.

Tentunya kayu kelapa memiliki keunikan yang tidak bisa Anda temukan pada kayu yang lain, yaitu pori-pori dan serta kayunya. Kayu kelapa memiliki pori-pori yang besar serta serat yang terlihat rapi sehingga memunculkan keunikan.

Hubungi Kami

Setelah Anda mengetahui bahan yang kami gunakan dalam pembuatan gazebo kayu, tentunya Anda harus memesan di tempat kami. Untuk itu  bagi Anda warga Yogyakarta dan sekitarnya, Anda bisa menghubungi customer service kami sekarang juga. Karena kami merupakan produsen gazebo kayu terbaik di Indonesia, terutama di Yogyakarta.